Tips Pencahayaan Pada Outdoor Filmmaking

Dalam beberapa proyek yang kita jalani, kadang kita diharuskan untuk mengambil gambar diluar ruangan atau outdoor filmmaking. Entah sebagai low-budget filmmaker maupun professional atau big-budget filmmaker, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan pengambilan gambar dengan cahaya yang seimbang:

1. Pilih Tempat Yang Bershading Atau Teduh

01 - Cuplikan Aktor Di Tempat Bershading Pada Film Penetralia Dance oleh Cinestars Film

Cuplikan Aktor Di Tempat Bershading Pada Film Penetralia Dance oleh Cinestars Film

Tempat yang teduh atau ditutupi objek besar seperti di pinggiran rumah atau di bawah pohon dapat mengurangi intensitas cahaya yang menyinari subjek, sehingga subjek tidak terlalu overexposed dan pencahayaan dapat terlihat seimbang. Shooting ditempat yang teduh ini cocok bagi low-budget filmmaker yang ingin melakukan produksi ditempat terbuka dengan perlengkapan pencahayaan yang minim.

2. Gunakan Reflector

Person Holding a Mirror On An Open Field Photo by Maksim Goncharenok from Pexels

Reflector dapat memantulkan cahaya pada subjek di siang hari saat kita melakukan pengambilan diluar ruangan sehingga bagian gelap atau kontras pada subjek dapat diterangi dan terlihat seimbang pencahayaannya. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan reflector, kita perlu memastikan agar reflector tidak terekam oleh kamera, selain karena jarak pemantulan cahaya yang cenderung pendek, reflector yang besar cenderung menggangu framing pengambilan gambar. Reflector lebih cocok digunakan untuk pengambilan gambar medium atau close-up shot.

3. Shooting Pada Saat Golden Hour

Film Sophia oleh Cinestars Film

Kalian juga bisa melakukan pengambilan gambar disore hari disaat Golden Hour. Golden Hour biasanya terjadi disore hari menjelang malam, sekitar pukul 16.30 – 17.30 dan diwaktu subuh, sekitar pukul 04.00 – 05.30 di pagi hari.

Screenshot Aplikasi Magic Hour by Magic Hour

Selain itu, kita juga bisa menggunakan aplikasi Magic Hour yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang saat – saat golden hour di kota atau lokasi tempat kita berada. Pencahayaan di saat golden hour cenderung soft pada subjek serta memberikan warna orange sehingga cocok untuk adegan yang bertemakan pertemanan, persahabatan, kekeluargaan, dan romantis.

4. Diffuser Atau Butterfly Panel

Ilustrasi Diffuser Pada Objek, All Vectors by freepik.com

Kita juga dapat menggunakan diffuser yang dapat mengurangi intensitas cahaya matahari yang cenderung kontras pada subjek. Diffuser sangat berguna apbila digunakan pada saat siang hari dimana arah cahaya cenderung kontras dengan konsep yang mengharuskan kita untuk mengambil dengan pencahayaan soft light pada subjek.

Butterfly Panel Image by https://www.focusstudiox.com/uploads/112.jpg

Dalam proyek produksi dengan budget besar, biasanya gaffer menggunakan kain putih yang besar untuk menutupi area yang luas seperti lapangan. Alternative lainnya, kita juga dapat menggunakan butterfly panel yang dipasangkan pada 2 c-stand, lalu diletakkan didekat subjek untuk mengurangi intensitas cahaya matari yang memancar. Diffuser ini sangat berguna bagi filmmaker dengan budget besar yang ingin shooting di siang hari, selain itu kita juga dapat lebih fleksibel shooting di lokasi manapun pada siang hari.

5. Cuaca Mendung Pada Musim Hujan

Pexels Eberhard Grossgasteiger Photo by eberhard grossgasteiger from Pexels

Cuaca mendung di musim hujan juga dapat membantu filmmaker dalam mengambil gambar dengan pencahayaan yang lembut pada subjek. Namun seringkali cuaca mendung dapat berubah – ubah setiap waktu.

Screenshot Aplikasi Fitur Magic Hour by Magic Hour

Sebelum memutuskan untuk shooting pada saat cuaca mendung, kita bisa melihat aplikasi ramalan cuaca yang memberikan detail cuaca pada waktu tertentu. Walaupun tidak 100% akurat, aplikasi ramalan cuaca sering membantu filmmaker dalam melakukan pengambilan gambar pada musim tertentu.

Semoga Tips Pencahayaan Pada Outdoor Filmmaking ini dapat bermanfaat ya! Tulis cara kalian mengatur pencahayaan pada saat shooting outdoor di siang hari dikolom komentar yang ada dibawah!

Soundman Pada Film Voice Potion for My Mother oleh Cinestars Film

Dan minggu depan, kita juga akan bersama -sama belajar tentang Tips Membuat dan Mendapatkan Sound Effects Atau Foley pada Filmmaking. Jadi terus stay tune dan jangan lupa subscribe ya! Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama! See you guys!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply