Tips Menjaga ide Agar Tetap Kreatif

Sebagai  seorang kreatif, kamu perlu menjaga idemu agar tetap kreatif sebelum atau sesudah menuangkan ide. Tips ini dapat membantumu memelihata idemu:

1. Morning Pages

04 - fashion-woman-notebook-pen-34072

Photo by Negative Space from Pexels

Morning Pages merupakan kegiatan dimana kamu menulis apa yang ada di pikiranmu ke 3 halaman notes yang kamu miliki. Dengan aktivitas morning pages, kamu dapat menenangkan pikiranmu. Selain itu, berdasarkan buku The Artist’s Way dijelaskan bahwa setiap kita memiliki anak kreatif atau creative child pada setiap diri kita. Dengan morning pages, kamu juga akan menenangkan creative childmu sehingga kamu dapat menuangkan ide ketika kamu merasa relax.

2. Artist Date

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Artist date merupakan aktivitas dimana kamu keluar untuk memanjakan creative child atau anak kreatifmu. Lakukanlah artist date sendirian, sebenarnya tidak sendirian, tetapi dengan creative child yang ada di batinmu. Cobalah untuk memberi es krim atau makanan favoritmu sesekali diluar. Dengan demikian, kamu juga bisa merasakan dunia luar dan menenangkan pikiran sehingga kamu bisa tetap menjaga idemu agar tetap kreatif.

3. Tulis 10 Hobi atau Hal Yang Kamu Sukai

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Entah mendengarkan musik, olahraga, membaca buku atau hal yang kamu sukai lainnya. Hobi yang kamu lakukan setelah atau sebelum menuangkan ide dapat membantumu untuk mengeluarkan pikiran – pikiran yang tidak penting, sehingga kamu bisa fokus untuk mencari ide baru dan tetap kreatif.

4. Lihat Pemandangan di Sekelilingmu

Photo by Riccardo Bresciani from Pexels

Sesekali, cobalah keluar dari kamarmu dan menikmati pemandangan yang ada di sekelilingmu. Kamu juga bisa jalan kaki atau yoga untuk menenangkan pikiranmu sebelum atau sesudah menuangkan ide.

5. Dengarkan Ide Dari Isi Hatimu, Bukan Mencari Ide

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Banyak orang emngira bahwa untuk mendapatkan ide, kita harus mencari. Padahal kita hanya perlu mendengar suara hati kita untuk mendapatkan ide. Jangan batasi anak batin atau creative child yang ada di batinmu untuk terus mengeluarkan ide dan mencoba hal – hal baru. Biarkanlah hatimu bermain dengan ide, kamu hanya perlu merasakan, membayangkan dan menuangkan ide tersebut pada selembar kertas.

Photo by Pixabay from Pexels

Semoga kamu dapat terus berkreasi dengan ide – ide kreatifmu ya!

Minggu depan, kita akan bareng – bareng belajar tentang Hal – Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebagai Low-Budget Filmmaker.

Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama! Terima kasih teman – teman!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply