Tips Mendapatkan Atau Merekam Sound Effects Atau Foley Pada Filmmaking

Suara merupakan bagian penting dari film. Selain dialog dan musik, elemen suara seperti sound effects atau foley sangat berguna untuk menambahkan suara benda atau objek pada sebuah adegan film. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan sound effects atau suara foley pada filmmaking:

1. Download di Internet

01 - Screenshot of Freesound by freesound.org

Screenshot of Freesound by freesound.org

Kita bisa mendownload sound effects atau foley di website seperti Youtube Library, free sound effects dan masih banyak website lainnya. Kita dapat memilih variasi dan durasi pada sound effects yang ingin kita download. Cara ini sangat cocok bagi low-budget filmmaker yang membutuhkan sound effects secara cepat dan gratis. Namun terkadang, ada beberapa sound effects khusus yang tidak dapat dicari di internet dan harus direkam sendiri.

2. Merekam Suara Objek Sendiri

Soundman Pada Film Voice Potion for My Mother oleh Cinestars Film

Kita juga bisa merekam suara objek dengan menggunakan HP dengan aplikasi Voice Recorder Pro, sound recorder seperti zoom H1 atau shogun microphone seperti Rode NTG-4+.

Cara ini dapat membuat kita lebih fleksibel dimana kita bisa merekam dengan variasi dan durasi suara yang berbeda sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, suara yang dihasilkan juga lebih realistik apabila kita merekan dengan objek yang sama. Namun ketika kita merekam suara objek, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

2.1. Memastikan Ruangan Sesuai Dengan Adegan Film

Brown Wooden Center Table Photo by Skitterphoto From Pexels

Kita perlu memastikan kalau lingkup ruangan yang direkam sesuai dengan adegan pada film. Contohnya, apabila adegan film kita diruang yang tidak bergema, cobalah cari ruangan yang tidak bergema untuk merekam agar terdengar realistis. Kita juga dapat merekam langsung dilokasi shooting setelah produksi selesai agar suara yang dihasilkan lebih realistis.

2.2. Backup Suara Dengan Merekam Berulang - Ulang

Alat Perekaman Suara Sound Effects Untuk Filmmaking

Kita juga perlu merekam suara secara berulang – ulang dengan variasi suara yang berbeda untuk memback-up file rekaman yang dapat digunakan pada saat proses sound design nantinya. Suara yang bervariasi dapat membantu sound designer memilih dan menentukan suara yang paling tepat untuk adegan film kita.

Semoga informasi tentang Tips Mendapatkan Atau Merekam Sound Effects ini dapat bermanfaat ya! Tulis cara kalian mendapatkan sound effects atau foley dikolom komentar yang ada dibawah ya!

Bandwidth Close Up Computer Connection Photo by Panumas Nikhomkhai from Pexels

Dan minggu depan, kita juga akan bersama – sama belajar tentang Jenis dan Fungsi Alat – Alat Penyimpanan Data Pada Filmmaking. Jadi terus tay tune dan jangan lupa subscribe ya! Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama! See you guys!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply