Tips Membuat Storyboard Untuk Film Pendekmu

Sebagai filmmaker, storyboard merupakan salah satu tahap perealisasian film yang akan kamu buat. Selain memberi gambaran tentang ceritamu, storyboard juga dapat menjadi susunan shot atau shot manager yang nantinya akan berguna bagi seluruh tim produksimu.

Beberapa tips ini dapat membantumu dalam merealisasikan storyboardmu.

1. Gunakan Template Storyboard

A4 Storyboard Template - 2-Panel - Landscape - StudioBinder

Template Storyboard oleh Studiobinder

Baik secara manual atau menggunakan aplikasi, template storyboard yang kamu download dapat mempermudah kamu untuk melakukan penggambaran ide dan deskripsi tiap adegan filmmu.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi seperti Storyboarder, Adobe Illustartor, atau Adobe Photoshop untuk mempermudah penggambaran storyboardmu.

2. Panggil Storyboard Artist atau Teman yang Pandai Menggambar

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Buat kamu yang kesulitan dalam menggambar, kamu bisa mengajak temanmu yang memiliki kemampuan menggambar untuk merealisasikan idemu. Gambar manual atau storyboard yang bagus ga cuma melihatkan atau merealisasikan filmmu, tapi juga memberi kamu detail pencahayaan, ekspresi karakter dan properti, latar serta unsur – unsur lainnya.

3. Gunakan Aplikasi Storyboard 3D Software

Screenshot Fitur – Fitur Yang Ada Dalam Software 3D Storyboard: FrameForge Studio 

Selain menggambar secara manual atau menggunakan software, kamu juga bisa mencoba aplikasi Frame Forge Studio yang memudahkan kamu untuk merealisasikan filmmu. Selain memberi kamu kemudahan dengan fitur drag dan dropnya, kamu juga dapat menggunakan fitur lain seperti objek, property, karakter, bentuk tubuh, gerakan, latar dan unsur lainnya yang bisa diganti – ganti.

Perbandingan Shot Asli dan Konsep Storyboard Pada Film Pendek Voice Potion for My Mother Dengan Menggunakan Frame Forge Studio 3D Software

Namun dari semua fitur yang ada, menurutku, fitur yang paling menarik adalah fitur storyboard management dimana kamu dapat mengatur posisi atau ukuran storyboard, memberi deskripsi dan nomor shot yang sangat membantu kamu dan tim produksimu pada saat proses produksi nantinya.

4. Gunakan Aplikasi Storyboard di HPmu

Fitur – Fitur Pada Aplikasi Cadrage Director’s Viewfinder

Dan yang terakhir, kamu juga bisa memakai aplikasi seperti Cadrage Director’s Viewfinder atau Celtx Shot Manager yang ada di HPmu. Aplikasi tersebut sudah tersedia di appstore maupun google store.

Pilihan Simulasi Kamera Pada Aplikasi Cadrage’s Director Viewfinder

Aplikasi ini memudahkan kamu untuk melakukan pengambilan gambar secara langsung di lokasi. Selain itu, kamu juga bisa memilih kamera dan lensa yang sesuai dengan kamera yang akan kamu pakai waktu proses produksi nantinya.

Hasil Export Gambar Pada Aplikasi Cadrage Director’s Viewfinder

Director’s Viewfinder juga memberimu data pada saat kamu melakukan penyimpanan di shot manager, seperti jenis kamera dan ukuran lensa yang akan dipakai, arah mata angin, waktu dan masih banyak data penting lainnya.

Semoga kamu dapat lebih mudah membuat storyboard untuk filmmu ya.

Minggu depan, kita akan bareng – bareng belajar tentang Tips Menjaga Ide Agar Tetap Kreatif. Tips ini akan berguna buat kamu yang ingin belajar tentang penulis naskah atau screenwriter maupun kamu yang mau belajar bidang kreatif lainnya yang membutuhkan ide seperti blogger, penulis artikel, konseptual fotografer, illustrator dan lain sebagainya.

Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama ya! Terima kasih banyak teman – teman!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply