Tips Location Scouting Pada Film Pendek

Pemilihan lokasi atau setting yang tepat akan meningkatkan production value pada film yang akan kita buat. Selain itu, lokasi yang sesuai dengan cerita juga dapat membuat audience percaya pada dunia karakter. Proses pemilihan lokasi atau seringkali disebut location scouting merupakan tahap pre-production yang penting. Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam melakukan pemilihan lokasi untuk set film kita:

1. Lihat Lokasi Yang Ada Di Sekelilingmu

IMG_7047_Original

Foto Lokasi Dalam Film Voice Potion for My Mother oleh Cinestars Film

Cobalah untuk keluar dari tempatmu dan melihat – lihat rumah atau tempat yang ada disekelilingmu. Dalam beberapa proyek film pendek bersama tim Cinestars Film, aku sempat mendatangi beberapa rumah serta meminta ijin pemilik rumah untuk ketersediaannya agar dapat digunakan untuk lokasi pengambilan gambar. Kita juga bisa menanyakan teman atau rekan yang memiliki rumah agar lebih mudah dalam mendapatkan lokasi yang sesuai dengan set film kita.

Voice Potion For My Mother - Behind The Scene 103

Dalam film Voice Potion for My Mother dimana aku sempat menghampiri dan menawari pemilik rumah untuk dijadikan tempat lokasi shooting. Pemilik rumah sangat terbuka dan menyetujui untuk dijadikan lokasi shooting, selain itu, mereka juga pada akhirnya menjadi aktor dalam film pendek Voice Potion for My Mother juga. Jangan takut untuk mencoba keluar dan meminta ijin lokasi, dari sekian banyak rumah, pasti ada pemilik rumah yang baik dan mau meminjamkan lokasi untuk kebutuhan produksi film kita.

2. Gunakan Google Map

Screenshot of Google Map by Google

Fitur streetview pada google map sangat membantu kita untuk mencari lokasi yang kita butuhkan dengan mudah. Selain itu, kita juga tidak perlu bepergian untuk melihat – lihat sekeliling.

Kita juga bisa screenshot peta dan gambar rumah – rumah yang sesuai dengan cerita film kita. Cobalah untuk mendiskusikan gambar dan alamat yang telah didapat dengan tim produksi dalam perencanaan dan pemilihan lokasi agar tim produksi kita juga dapat berkontribusi.

3. Gunakan Aplikasi Travelling

Screenshot of Travelling App by Mamikos, Traveloka and AirBnB App

Banyak aplikasi travelling yang menawarkan peminjaman rumah, villa, ruangan dan lokasi dengan harga yang cukup murah dalam jangka waktu tertentu.

Selain mudah diakses, kita juga dapat meminta ijin untuk pengambilan gambar. Cara ini sangat berguna untuk kita yang ingin melakukan pengambilan gambar diluar kota dan mencari referensi lokasi yang cocok untuk film kita.

4. Pastikan Lokasi Sesuai Dengan Cerita Film

Lokasi Dalam Film Voice Potion For My Mother

Setelah mendapatkan atau merencanakan lokasi yang ingin dipakai. Kita juga perlu memastikan kalau lokasi yang dipakai sesuai dengan latar dalam cerita. Latar cerita yang sesuai akan membuat penonton percaya dengan dunia karakter dan menambahkan production value pada film kita.

Lokasi Toko CD pada Film Voice Potion for My Mother

Cobalah untuk mencari lokasi yang sesuai dengan cerita dengan harga yang murah atau sesuai dengan budget yang dimiliki. Seringkali filmmaker melalaikan kesesuaian lokasi sehingga penonton tidak percaya dengan latar pada adegan film tersebut sehingga dapat mengurangi production value pada film.

5. Lihat Fasilitas Yang Disediakan Pada Lokasi

People Wall Blur Inside Photo by Markus Spiske from Pexels

Fasilitas tambahan seperti tempat parkir, tempat yang ada sumber listrik, tempat untuk monitoring, menaruh barang dan istirahat serta fasilitas – fasilitas lainnya dapat memperlancar proses produksi film yang akan dibuat nantinya. Selain itu, fasilitas tersebut juga dapat membuat tim produksi dan cast menjalani produksi dengan nyaman.

6. Minta Izin Pemilih Lokasi, Penjaga dan Tetangga

Photo Of People Doing Handshakes by fauxels from Pexels

Dan yang terakhir, kita juga perlu meminta ijin atau memberitahu pemilik rumah, tetangga dan penjaga yang ada disekitar lokasi shooting untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan pada saat produksi. Orang – orang disekitar lokasi juga dapat menghargai dan membantu kita untuk menenangkan suasana apabila kita menghargai mereka.

Di beberapa proyek film pendek yang pernah dibuat sebelumnya, tim Cinestars Film pernah membatalkan dan melakukan penjadwalan ulang pada saat proses produksi berlangsung karena adanya intervensi dari satpam karena kita melakukan proses produksi tanpa izin. Proses reschedule membutuhkan waktu yang cukup lama karena kita harus mencari lokasi ulang serta meminta izin yang cukup merugikan tim Cinestars Film. Dari situ, kami belajar bahwa meminta izin pada siapapun yang ada disekitar lokasi itu merupakan hal yang penting dan berdampak bagi proses produksi film yang akan dibuat.

Semoga informasi tentang tips location scouting pada film pendek ini dapat bermanfaat ya! Tulis pengalaman kalian saat melakukan location scouting untuk film pendek kalian dikolom komentar yang ada dibawah ya!

Screenshot of Voice Record Pro App by Voice Record Pro

Dan minggu depan kita juga akan bersama – sama belajar tentang 5 Aplikasi HP yang berguna untuk kebutuhan filmmaking. Jadi terus stay tune dan jangan lupa subscribe ya! Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama! See you guys!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply