Silent Film Dan Hal Yang Menakjubkan Di Dalamnya

Ketika awal mula belajar tentang penyutradaraan, aku sempat melihat berbagai referensi silent film dan berpikir “apa yang bagus dalam film klasik seperti ini?”, namun setelah aku melihat berulang – ulang, aku belajar bahwa ada banyak hal – hal yang menakjubkan dalam silent film:

1. Fundamental Dari Sebuah Cerita

Silent Film Battleship Potemkin (1925) by Sergei Esenstein, Published byb All Soviet Movies On RVISION

Silent Film Battleship Potemkin (1925) by Sergei Esenstein, Published byb All Soviet Movies On RVISION

Dengan element – element yang terbatas tanpa adanya dialog, karakter, situasi dan alur dari setiap gambar, silent film tetap dapat menyampaikan ritme visual yang membentuk cerita. Bahkan Alfred Hitchcock mengatakan bahwa film yang bagus merupakan film yang dapat diceritakan dalam medium film tanpa adanya dialog, karena karakter dan situasi merupakan bahan yang penting dalam sebuah cerita.

2. Memiliki Emosi

Silent Alexander Nevsky (1938) by Sergei Esenstein, Published byb All Soviet Movies On RVISION

Setiap sikap karakter dalam situasi yang dihadapi dapat memberikan emosi, ketika situasi itu membuat karakter tertekan, maka kita, sebagai audiens juga dapat merasakan simpati atau hal yang sama apabila kita pernah mengalami apa yang dialami karakter. Bahkan ketika tidak ada musikpun, kita dapat merasakan emosi melalui visual dari apa yang karakter alami.

3. Keselarasan Gambar

Silent Film Que Viva Mexico! (1932) by Sergei Esenstein, Published byb All Soviet Movies On RVISION

Ketika kita menonton dan merasakan ritme visual dari sebuah silent film, kita akan memahami bahwa inti dari sebuah film itu adalah pesan yang terkandung didalamnya. Melalui pergerakkan gambar, kita dapat masuk dalam dunia karakter itu sendiri, seperti yang dijelaskan oleh Robert Mckee bahwa film itu adalah “story told by pictures”.

Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama. Terima kasih!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply