Seorang Mahasiswa Yang Bekerja Sebagai Filmmaker

Jurusan dalam bidang perfilman sudah ada di banyak universitas. Banyak teori dan praktek yang diterapkan dalam beberapa mata kuliah di bidang perfilman. Namun, apabila kita ingin mendapatkan pengalaman lebih dalam dunia kerja dalam bidang filmmaking, kita dapat melakukan beberapa tips berikut:

1. Mencari Kenalan Atau Teman Sebanyak - Banyaknya

01 - Men's White Button Up Dress Shirt Photo by Helena Lopes from Pexels

Men’s White Button Up Dress Shirt Photo by Helena Lopes from Pexels

Memiliki hubungan pertemanan yang luas dapat memudahkan kita untuk memperkenalkan diri kita sebagai videografer. Apabila ada teman kita yang membutuhkan jasa videografi, mereka akan menempatkan kita sebagai daftar videografer yang dapat dihubungi untuk membantu mereka.

2. Ikut Serta Dalam Kepanitiaan

Three Persons Sitting With Each Other Photo by Buro Millennial from Pexels

Dengan membantu atau ikut serta dalam kepanitiaan, kita dapat menunjukkan kemampuan dan hasil karya kita pada setiap panitia dan peserta yang ada. Selain itu, kita juga dapat menambahkan kenalan serta meningkatkan kemampuan kita. Namun kita perlu memastikan kalau kita berkontribusi dalam bidang atau divisi videografi yang biasanya disebut Pubdekdok (Publikasi, Dekorasi dan Dokumentasi) dalam kepanitiaan.

Woman Taking Video Photo by Brett Sayles from Pexels

Walaupun jobdesk yang sering diberikan adalah dokumentasi, namun proses tersebut sangat berharga bagi kita sebagai peluang untuk bekerja sebagai videografer di proyek yang akan datang.

3. Perbanyak Portofolio

Film Sophia Yang Dikerjakan Sebagai Proyek Portofolio dan Film Festival

Dengan memperbanyak karya, kita dapat menunjukkan karya pada teman atau rekan agar mereka mengetahui kemampuan yang kita miliki. Dengan portofolio yang baik, kita juga dapat mendapatkan tawaran proyek dengan mudah. Kita dapat mengupload karya kita di sosial media maupun menunjukkan hasil portoflio pada teman atau rekan kita secara langsung.

4. Membantu Tugas Teman

Project Iklan One Eighteenth oleh Cinestars Film

Terkadang, ada beberapa teman yang meminta tolong kita untuk membantu mengerjakan tugas yang membutuhkan media video. Kita bisa menawarkan atau membantu secara gratis, namun cobalah untuk berperan sebagai creative writer atau sutradara yang ikut campur dalam pembuatan konsep visualnya agar kita dapat mendapatkan pengalaman lebih.

5. Menjadi Tim Produksi Pada Proyek Teman Atau Komunitas Film

Photo of People Filming On Set by Le Minh From Pexels

Cobalah untuk membantu sebagai tim produksi di proyek teman atau komunitas yang ada di kampus atau di kotamu. Kita tidak harus memnjadi peran penting dalam proyek tersebut. Menjadi Production Assistant (PA) pun dapat memberikan kita pengalaman dan memperluas hubungan kita untuk proyek yang akan datang. Selain itu, kita juga dituntut untuk selalu menghargai dan menghormati setiap rekan tim produksi dalam setiap proyek yang diberikan.

Semoga Tips Belajar Dan Bekerja Sebagai Filmmaker Dimasa Kuliah ini dapat bermanfaat ya! Tulis pengalaman kalian saat bekerja sebagai videografer dimasa kuliah kalian, dikolom komentar yang ada dibawah ya!

Film Dibalik Kalbuku Rekaman HP Yang Memenangkan Best Cinematography di Festival Film Gadget 2017 oleh Cinestars Film

Dan minggu depan, kita akan bersama – sama belajar tentang film rekaman HP yang memenangkan festival film gadget. Tetap stay tune ya! Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama! See you guys!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply