Pengalaman Menjalani Proyek Music Video Bersama Penyanyi Lokal

Ketika awal mula aku masuk dalam dunia videografi, aku sering membuat music video bersama teman – temanku, hingga membuahkan hasil sehingga aku dapat bekerja sama dengan artist atau penyanyi lokal. Ada hal – hal berharga yang aku pelajari ketika aku menjalani proyek bersama penyanyi – penyanyi lokal:

1. Worth Experience

01 - Photo of Men Holding Camera Photo by Lê Minh from Pexels

Photo of Men Holding Camera Photo by Lê Minh from Pexels

Hampir seluruh music video yang pernah aku buat tidak mendapatkan bayaran, kecuali dari beberapa artist yang sempat memberiku uang tanda terima kasih. Namun dari sana aku belajar untuk melayani dengan passion pada setiap projek music video yang aku jalani. Selain itu, dalam setiap proyek music video yang aku jalani, aku juga mendapatkan pengalaman baru dimana aku dapat belajar untuk menghargai client, memberi solusi, negosiasi serta belajar tentang visualisasi disetiap konsep yang diberikan.

2. Saling Memperbanyak Portofolio

Black and Silver Cassette Player Photo by Pixabay on Pexels

Setiap karya music video yang telah dibuat merupakan portofolio yang dapat digunakan oleh kedua belah pihak. Bagiku, setiap karya music video itu merupakan kunci untuk menghungkanku pada projek selanjutnya. Seperti disaat disalah satu projek iklan yang pernah aku jalani, clientku sempat melihat portofolio dari music video yang telah aku buat. Sedangkan dari sisi penyanyi, setiap karya music video yang dibuat dapat menjadi bahan promosi agar mendapatkan pekerjaan di sebuah event atau wedding. Jadi seluruh karya yang telah dibuat tidak sia – sia, namun menjadi karya yang mengguntungkan filmmaker dan penyanyi.

3. Konsep

Crop Woman With Coffee Writing In Notebook On Bed Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Kesalahan yang menjadi pelajaran berharga ketika menjalani proyek sebagai videografer yaitu membiarkan client untuk membuat konsep sendiri. Padahal setiap konsep yang kita buat itu dapat melatih kita untuk lebih berpikir kreatif sebagai filmmaker. Walaupun dengan budget rendah, aku belajar untuk memberikan konsep untuk setiap projek yang diberikan kedepannya, entah konsep itu diabaikan atau dipakai, setiap konsep yang telah dibuat tidak akan sia – sia karena merupakan sebuah batu loncatan agar aku dapat lebih kreatif lagi.

Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama ya! terima kasih.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply