Mencari Musik Pada Film pendek

Ketika kita ingin membuat film dengan elemen musik, kita perlu mencari atau membuat musik. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika kita ingin mencari atau membuat musik untuk proyek film kita:

1. Cari Artist Local

01 - Pexels Papa Yaw Photo by Papa Yaw from Pexels

Pexels Papa Yaw Photo by Papa Yaw from Pexels

Kita bisa mencari artist yang ada disekitar lingkungan kita atau melalui sosial media. Ada beberapa penyanyi lokal yang memiliki sosial media yang bisa kita kontak secara langsung. Selain itu, kita juga bisa datang dan bertanya di studio musik terdekat yang ada di kota kita. Namun kita juga perlu memastikan untuk meminta izin penggunaan melalui surat juga ya.

02 - Credit Title Music Film Voice Potion For My Mother oleh Cinestars Film

Credit Title Music Film Voice Potion For My Mother oleh Cinestars Film

Seperti disalah satu proyek film pendek yang pernah tim Cinestars Film, kami sempat mencari salah satu penyanyi sekaligus pemain musik yang berada di luar kota melalui sosial media. Setelah diskusi, kami memutuskan untuk bekerja sama dan mengerjakan musik yang sesuai dengan tema film. Jadi cara ini perlu dicoba ya!

2. Download Musik Online

Screenshot Website Sound Library by incompetech.com

Banyak website – website online yang menyediakan lagu yang dapat didownload secara gratis, seperti incompetech, free music archive, bensound dan masih banyak website music library lainnya. Selain itu, kita juga bisa memilih lagu dengan melihat kategori mood dan durasinya yang dapat membantu kita untuk memilih lagu yang cocok untuk film kita dengan cepat.

Sign Pen Business Document Photo By Pixabay

Namun kita perlu memberikan kredit pada pencipta lagu tersebut untuk menghindari pelanggaran hak cipta. Tidak semua website memberikan musik secara gratis, namun uang yang kita investasikan untuk musik dalam film kita akan lebih berguna. Selain itu, kita juga dapat menghemat waktu untuk melakukan perekam musik secara manual.

3. Youtube Library Atau Channel Musik Gratis di Youtube

Screenshot Youtube Music Library by Youtube

Youtube juga menyediakan musik dan sound effects library bagi content creator yang bisa kita gunakan secara gratis. Selain itu, kita juga dapat mendownload sesuai dengan kategori mood, tema dan durasi.

Screenshot Audio Library Youtube Channel by Youtube

Selain melalui Youtube Library, kita juga bisa mendownload musik melalui beberapa channel Youtube yang menyediakan musik – musik khusus yang bisa kita pakai tanpa lisensi khusus.

Screenshot Pemilihan Lagu Pada Youtube Library by Youtube

Youtube Library maupun Youtube channel sangat cocok digunakan bagi low-budget filmmaker dan filmmaker pemula yang ingin belajar untuk menambahkan lagu pada filmnya.

4. Minta Tolong Teman Atau Rekan Musisi

Pexels Brett Sayles Photo by Brett Sayles from Pexels

Dan yang terakhir, kita juga bisa mengajak teman atau rekan musisi untuk membantu membuatkan musik bagi film kita. Selain lebih murah, kita juga dapat membuat musik yang sesuai dengan tema khusus yang sesuai dengan musik film yang kita inginkan.

Film Dibalik Kalbuku oleh Cinestars Film

Sebelum kita melakukan perekaman, kita bisa melakukan latihan agar proses pengambilan suara dapat berjalan dengan lancar. Dibeberapa film pendekku, aku mengajak temanku untuk memberikan instrument gitar dari sebuah lagu persahabatan. Setelah kami bekerja sama dan melakukan latihan beberapa kali, kami berhasil membuat lagu yang sesuai dengan konsep film yang diinginkan. Dan terkadang, teman atau rekan musisi kita hanya membutuhkan kredit tanpa harus dibayar.

Semoga informasi tentang tips mencari musik ini dapat bermanfaat ya! Tulis cara kalian mencari musik untuk film kalian dikolom komentar yang ada dibawah ya!

Film Sophia oleh Cinestars Film

Dan minggu depan, kita akan bersama – sama belajar tentang beberapa tips yang dapat kita lakukan disaat shooting outdoor agar dapat menghindari gambar yang overexposed atau terlalu terang. Jadi terus stay tune dan jangan lupa subscribe ya! Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama! See you guys!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply