You are currently viewing Hal Yang Aku Pelajari Dari Kuliah DKV Sebagai Filmmaker

Hal Yang Aku Pelajari Dari Kuliah DKV Sebagai Filmmaker

Hal Yang Aku Pelajari Dari Kuliah DKV Sebagai Filmmaker

Ketika awal kuliah, aku memilih jurusan DKV, ada banyak mata kuliah yang berhubungan dengan gambar, estetika, warna dan aspek lainnya yang merupakan bagian dari sebuah karya desain. Diwaktu kosong, terkadang aku berpikir bahwa kuliah DKV itu tidak ada hubungannya dengan filmmaking pada saat itu. Namun setelah menyelesaikan kuliah, aku menyadari bahwa banyak hal yang berhubungan dengan dunia filmmaking di dalam jurusan DKV:

1. Ber “Ide” - Screenwriting

01 - Abstract Blackboard Bulb Chalk Photo by Pixabay on Pexels

Abstract Blackboard Bulb Chalk Photo by Pixabay on Pexels

Di setiap mata kuliah yang aku jalani, semuanya diwajibkan untuk membuat thumbnail dan tightissue. Thumbnail merupakan gambaran ide kasar dari setiap karya yang kita buat. Sedangkan tightissue merupakan pemilihan ide dari thumbnail yang nantinya akan dijadikan ke final artwork.

Dari proses tersebut, ketika aku belajar proses screenwriting dalam filmmaking, aku menyadari bahwa proses untuk mendapatkan ide itu melatih aku untuk lebih berpikir kreatif. Seperti fitness, ketika kita melatih otot, maka kita akan semakin kuat dan terbuat mengangkat bebannya.

2. Estetika Gambar - Sinematografi

Adult Art Artist Canvass Photo by JTMultimidia from Pexels

Disetiap karya desain yang dibuat, aku juga diajari untuk memperhatikan estetika atau keindahan pada setiap karya gambar desain, bahkan ketika dosen menilai sebuah karya desain, setiap dosen juga menilai karya dari unsur estetika dalam sebuah karya. Ketika aku belajar tentang sinematografi, aku juga belajar bahwa apa yang ada didepan kamera itu mengandung keindahan dalam setiap konsep, set, dan elemen – elemen lain yang direkam.

3. Warna - Color and Tone

Colors Pallete Photo by Kaboompics.com from Pexels

Disetiap tightissue yang dibuat, aku diwajibkan untuk memberi alternative warna pada setiap ide – ide yang aku buat. Namun dari hal itu aku belajar bahwa setiap warna yang diberikan pada setiap karya tersebut merupakan konsep yang memiliki gaya tersendiri. Sama halnya dengan warna dan tone yang kita inginkan pada setiap konsep visualisasi film yang ingin kita buat. Kita akan belajar menghargai betapa pentingnya warna dalam menggambarkan tema dan emosi dalam medium film.

4. Semiotika dan Metafora - Cerita

Poster Rokok by blog.iscreativeworks.com

Dalam pelajaran semiotika, aku juga diajari untuk memahami bagaimana mengartikan pesan dari setiap gambar dan kata – kata pada setiap karya – karya yang memiliki makna khusus. Terkadang hal tersebut membuatku binggung, namun ketika aku menemukan jawabannya, aku merasa terkagum dengan pesan yang diberikan secara tidak langsung atau dilebih – lebihkan.

Ketika aku menonton film dan mempelajari penulisan naskah, terkadang filmmaker dapat membuat adegan dengan menggambarkan maksud yang sulit dipahami namun memberi arti khusus pada suatu adegan. Alat penulisan naskah yang disebut metafora itu juga berguna untuk membuat audiens bertanya – tanya dan mencari jawabannya sehingga mereka ingin memahami cerita filmnya secara mendalam.

5. Pesan Dalam setiap Desain

Illustrasi Film Sebagai Pesan Komunikasi, All Vector by freepik.com

Setiap desain yang dibuat harus memiliki konsep didalamnya. Dan dari konsep itu, terkadang dosen mengomentari tentang pesan yang didapat. Sama halnya dengan setiap karya film yang kita buat, semua karya pasti memiliki pesan ketika penonton selesai melihat karya kita. Pesan itu yang membawa emosi secara universal pada penonton. Melalui pesan juga setiap orang yang melihat karya film dapat melihat dari sudut pandang filmmakernya.

Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama ya! Terima kasih.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply

admin

Filmmaker based in Surabaya.

Leave a Reply