Hal – Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebagai Low-Budget Filmmaker

Membuat sebuah film tidak harus mahal, dengan budget rendah, kamu bisa membuat film dengan cerita yang berkualitas. Namun ada beberapa hal yang kamu perlu perhatikan sebelum membuat film low-budgetmu:

1. Ketahui Pengetahuan Dasar Produser dan Sutradara

agreement-blur-business-close-up-261679

Picture by Pixabay on Pexels

Pengetahuan produser akan memberimu gambaran tentang bagaimana kamu dapat mengatur management logistik dalam sebuah film. Kamu akan banyak berurusan dengan dokumen – dokumen film seperti surat perjanjian kerja, penyewaan lokasi, dan jenis surat lainnya. Kalian juga akan belajar tentang budgeting, penjadwalan dan pemilihan crew. Namun seorang produser yang baik pasti memiliki kemampuan memahami naskah film yang menarik dan yang bisa diproduksi.

Ada beberapa rekomendasi crew pada low-budget filmmaking yang bisa kamu rangkap seperti:

Producer / Director,

Unit Production Manager (UPM) dan Location Manager,

1st AD dan Script Supervisor,

DOP dan Gaffer,

Art dan Make-Up Artist,

Sound Mixer dan Boompole Operator,

Offline dan Online Editor

Sedangkan sutradara lebih mempelajari tentang bagaimana kamu dapat menvisualisasikan konsep ke dalam sebuah medium film. Sutradara juga memahami pengetahuan tentang bagaimana mengarahkan aktor dan crew. Selain itu, seorang sutradara juga memahami dasar sinematografi dan naskah cerita.

Pengetahuan tentang produser dan sutradara secara mendasar dapat membantumu memahami keseluruhan proses pada film yang akan kamu buat, dari pengembangan ke proses produksi hingga proses distribusi.

2. Lakukan Persiapan Untuk Film Pendekmu Dengan Maksimal

Picture by Pixabay on Pexels

Semakin kamu membuat film dengan budget rendah, semakin kamu harus mempersiapkan segala macam kebutuhan filmmu dengan baik dan maksimal. dimulai dari penjadwalan Pre-Production Meeting (PPM) pada crew dan rehearsal pada cast. Ketika persiapan yang kamu lakukan berjalan dengan baik, maka seluruh proses produksi filmmu juga akan berjalan dengan lancar.

3. Perhatikan Budget untuk Filmmu

Picture by Pixabay on Pexels

Selain aspek teknis, kamu juga harus memastikan bahwa film yang kamu buat sesuai dengan ekspektasi budget yang akan kamu keluarkan. Kamu juga dapat mencari dukungan dana untuk filmmu dari berbagai sumber, seperti penggalangan dana online di kitabisa.com, patungan dengan teman – temanmu, melakukan penawaran iklan produk di filmmu ke tempat – tempat bisnis. Pastikan cerita film yang kamu buat juga tidak membutuhkan dana yang besar karena properti yang mahal, pemain yang banyak, ijin lokasi yang rumit yang membutuhkan biaya yang besar.

4. Perbanyak Relasi Dengan Teman Sekolah / Kuliah dan Vendor - Vendor Perlengkapan Lainnya

Photo by Bas Masseus from Pexels

Rekan atau kenalan yang kamu percaya juga dapat membantu kamu dalam merealisasikan filmmu. Selain kamu dapat membayar dengan harga murah atau bahkan gratis, mereka juga kadang – kadang dapat memberi pinjaman alat – alat seperti kamera, perlengkapan wardrobe, property dan alat lainnya yang berguna buat proyek film kalian. Cobalah untuk memberi kredit pada teman kalian sebagai penghargaan bagi mereka yang telah membantu kamu untuk mewujudkan filmmu.

Semoga kamu dapat membuat film low-budgetmu dengan baik dan lancar ya! Minggu depan kita akan bareng – bareng belajar tentang beberapa Tips Pengambilan Suara Dalam Produksi Film Pendek. Terus stay tune dan jangan lupa subscribe ya.

Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama ya teman – teman! Terima kasih!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply