Divisi Tim Produksi atau Crew Yang Perlu Kamu Rekrut Untuk Film Pendek Low-Budgetmu

Sebagai filmmaker, pengetahuan tentang tiap divisi yang ada pada tim produksi sangat penting. Selain menambah pengetahuan ditiap divisi, kalian juga akan banyak mengetahui tim produksi atau crew apa saja yang harus kalian siapkan untuk film pendek yang akan dibuat. Semua tim produksi itu berguna, namun apabila kamu seorang low-budget filmmaker, kamu perlu tim produksi yang tepat untuk proyek film pendekmu.

Crew Pada Low-Budget Filmmaking, Vector Designed by Freepik

Tim produksi dalam sebuah film dibagi menjadi 2, yaitu Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL). Above The line (ATL) merupakan tim yang bekerja dibidang kreatif dan pengaturan logistik, seperti sutradara, penulis naskah dan produser. Sedangkan Below The Line (BTL) merupakan tim yang banyak membantu dalam penvisualisasi atau produksi di lapangan seperti Director of Photography, Art Director atau Production Designer, Soundman, Cameraman, Gaffer, Grip, Clapper, Script Supervisor, 1st Assistant Director dan masih banyak lagi. Dalam pembuatan film pendek, beberapa divisi dalam produksi film memegang peran penting pada proses produksi, seperti:

1. Sutradara dan Penulis Naskah

vlcsnap-2020-06-23-11h47m39s195

Sutradara dan Penulis Naskah, Vector Designed by Freepik

Sutradara dan penulis naskah sering dilakukan oleh orang yang sama atau merangkap jabatan, namun sebenarnya keduanya memiliki peran yang berbeda.

black-and-red-typewriter-1995842

Photo by Suzy Hazelwood from Pexels

Seorang penulis naskah atau screenwriter merupakan orang yang menuangkan ide dalam sebuah naskah yang nantinya akan dibeli dan diproduksi oleh seorang produser dan divisualisasikan oleh seorang sutradara. Seorang penulis naskah memahami berbagai elemen dalam penulisan cerita film seperti karakter, plot, cerita, tema, aksi, subtext, dialog, struktur penulisan naskah dan banyak unsur dalam penulisan naskah lainnya.

Foto Sutradara di Film Pendek Voice Potion for My mother

William Sanjaya Sebagai Sutradara Pada Film Pendek  Voice Potion For My Mother

Sedangkan sutradara memiliki peran untuk menvisualisasikan naskah cerita sesuai dengan visi yang ia miliki bersama tim produksi. Seorang sutradara biasanya menguasai dasar – dasar teknik pengarahan crew dan aktor, sinematografi, cerita, dan seluruh proses produksi yang ada di film.

2. Produser

Peran Producer, Vector Designed by Freepik

Seorang produser merupakan orang yang mengatur logistik dalam mewujudkan sebuah film. Ia mengatur bagian penjadwalan, budgeting, pencarian crew, dasar pada naskah cerita serta mengatur seluruh jalannya produksi bersama tim produksi.

Sedangkan pada tim produksi Below The Line (BTL), ada beberapa tim produksi ini sangat penting dalam pembuatan film pendek:

3. Unit Production Manager (UPM) dan Location Manager

Unit Production Manager Yang Memiliki Peran Penting Dalam Mengurus Dokumen Untuk Membantu Producer, Vector Designed by Freepik

Unit Production Manager memiliki tugas untuk membantu produser dalam mengatur seluruh kebutuhan logistik yang diperlukan agar film dapat terwujud. Selain itu, UPM dalam proyek film low-budget juga dapat merangkap dengan jabatan location manager yang memiliki tugas untuk mencari lokasi yang cocok untuk pengambilan gambar nantinya.

4. Director of Photography (DOP)

Jordan Sebagai Director of Photography (DOP) Pada Film Pendek  Voice Potion For My Mother

Selain itu Above The Line (ATL), kalian juga perlu merekrut Director of Photography (DOP). Director of Photography (DOP) ini merupakan seseorang yang memiliki peran untuk menvisualisasikan cerita sesuai dengan visi sutradara dengan unsur sinematografi seperti pengarahan kamera dan pencahayaan. Seorang Director of Photography (DOP) biasanya merangkap sebagai seorang cameraman serta assistant cameraman pada low-budget filmmaking. Ia bertanggungjawab dalam melakukan pengambilan gambar melalui alat – alat yang telah dipilih. Ia juga membantu mengatur pencahayaan pada saat produksi agar sesuai dengan visi sutradara dan cerita dalam film.

5. Art director atau Production Designer

Peran Production Designer Pada Aspek Artistik Dalam Sebuah Film, Vector Designed by Freepik

Art director atau production designer bertanggung jawab dalam mengatur latar, property serta tampilan keseluruhan set secara artistik agar sesuai dengan visi sutradara dalam merealisasikan film. Art Director biasanya bekerja sama dengan berbagai divisi lain seperti Director of Photography (DOP), Gaffer, Grip dan divisi lainnya. Ia juga bekerja sama dengan runner yang membantunya dalam pencarian properti serta pemasangan properti pada latar atau set.

6. Soundman dan Boompole Operator

Rey Sebagai Soundman Sekaligus Boompole Operator Dalam Film Pendek Voice Potion for My Mother

Soundman memiliki tugas untuk memastikan kualitas suara dan melakukan pengambilan suara secara terpisah pada saat produksi, seperti suara dialog, sound effects pada barang atau objek tertentu, dan ambient atau background sound. Seorang soundman dalam film pendek seringkali dibagi menjadi beberapa divisi suara seperti soundmixer, boompole operator dan sound recordist. Ketiga peran tersebut memiliki peran yang berbeda dalam pengambilan suara pada proses produksi, namun pada dasarnya mereka sama – sama bertanggung jawab dalam mengatur dan mengolah kualitas suara pada sebuah film.

7. Script Supervisor

Script Supervisor Yang Mengawasi Kontinyuitas Dalam Produksi Sebuah Film, Vector Designed by Freepik

Script supervisor merupakan orang yang bertanggung jawab dalam menjaga kontinyuitas pada berbagai macam aspek seperti pergerakkan aktor, jalan cerita, sinematografi, pencahayaan dan aspek lainnya pada saat produksi berlangsung.

8. Production Still

Seorang Production Still Mendokumentasikan Seluruh Proses Produksi Dalam Sebuah Film, Vector Designed by Freepik

Production still merupakan seorang yang bertanggung jawab dalam pengambilan gambar behind the scene, baik foto maupun video untuk materi promosi seperti poster, interview dan lain sebagainya. Tujuan dari materi yang dibuat tersebut, selain untuk dokumentasi juga untuk menarik perhatian audience agar mengetahui proses produksi film secara keseluruhan.

Seluruh Tim Produksi Dalam Film Pendek Voice Potion for My Mother

Masih banyak divisi atau peran tim produksi yang penting dalam pembuatan film. Namun peran – peran diatas merupakan peran yang penting untuk kalian miliki sebagai bagian dari tim produksi film low-budget kalian agar berjalan secara maksimal. Semoga kalian dapat merekrut tim produksi yang solid ya. Tulis pengalamanmu dalam merekrut tim produksi di film pendek low-budgetmu dikolom bawah ya!

Minggu depan, kita akan bareng – bareng belajar tentang Tips Merekam Automate Dialog Replacement (ADR) atau dubbing yang aku lakuin pada saat proses post-production di salah satu film pendek yang pernah aku buat.

Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama ya! Terima kasih!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply