You are currently viewing Bagaimana Berbicara Dengan Orang Dapat Menambah Ide Untuk Penulisan Naskahmu

Bagaimana Berbicara Dengan Orang Dapat Menambah Ide Untuk Penulisan Naskahmu

Bagaimana Berbicara Dengan Orang Dapat Menambah Ide Untuk Penulisan Naskahmu

Ketika aku menulis dikostku, tiba – tiba ada temanku yang berkunjung dan menceritakan kisah hidupnya. Dan ketika aku mendengarkan keisahnya, ada banyak ide – ide yang bermunculan yang dapat dijadikan bahan dalam penulisan naskah film:

1. Setiap Orang Punya Cerita

01 - Man and Woman Sitting On Chair In Front of Desk Photo by mentatdgt from Pexels

Man and Woman Sitting On Chair In Front of Desk Photo by mentatdgt from Pexels

Ketika aku mendengarkan temanku, aku belajar bahwa setiap orang menyampaikan kisahnya melalui setiap perpektif yang berbeda. Itu yang membuat aku selalu ingin mendengar setiap kisah hidup seseorang. Seperti buku, setiap orang memiliki perjalanan hidup yang menarik dan unik yang kadang – kadang dapat menjadi inspirasi untuk bahan penulisan naskah dalam cerita film.

2. Dengarkan Lebih

Box Cheerful Color Cute Photo by Pixabay on Pexels

Ketika aku fokus untuk memasuki kisah yang diceritakan, aku dapat merasakan reaksi, emosi dan perspektif yang dialami oleh orang itu saat menghadapi situasi. Aku mencoba untuk lebih mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang membuat orang itu melanjutkan ceritanya, sehingga aku dapat memahami kisah yang dialami lebih dalam lagi.

3. Bayangkan : Jadi Karakternya

Man Holding Staff Photo by Cristhian Covaleda from Pexels

Ketika aku menulis dan aku teringat pada kisah atau sifat orang yang aku temui. Aku akan menuliskan beberapa sifatnya dan aku kembangkan menjadi karakter yang organic atau seperti manusia sesuai dengan sifat uniknya. Dari setiap reaksi dan kisah yang didengar, kita dapat menulis sifat – sifat orang tersebut apabila terlihat menarik dan unik. Aku juga mencoba membayangkan karakter yang aku tulis saat menghadapi situasi tertentu, sehingga banyak ide – ide yang bermunculan.

4. Tulis Kejadian Menarik

Analysis Blackboard Board Bubble Photo by Pixabay on Pexels

Ketika aku mendengarkan kisah hidup seseorang, aku juga memperhatikan setiap situasi yang menarik dan unik yang dapat diangkat menjadi tema dan isu baru dalam cerita film yang aku tulis. Aku juga mengembangkan situasi tersebut sehingga lebih dramatis.

Setiap orang memiliki kisah atau kejadian yang dialami dalam hidupnya secara berbeda – berda atau unik. Ketika kita peka dan menaruh dalam pikiran kira, kita akan lebih mudah menyampaikan cerita pada penonton melalui kisah hidup orang – orang disekeliling kita. Seperti masuk dalam lubang pipa yang berwarna – warni, setiap orang dapat kita dalami jika kita tertarik dan mendengarkan kisahnya.

Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama ya! Terima kasih.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply

admin

Filmmaker based in Surabaya.

Leave a Reply