Aset Produktif Yang Berguna Setelah Pademi

Sejak awal 2020, kita udah jalanin kehidupan “new normal” dimana wabah corona membuat kita harus stay at home dan mengurangi aktivitas diluar rumah buat keselamatan bersama. Hal tersebut membuat dunia entertainment dan industri film terguncang, filmmaker mengalami penundaan dan bahkan pembatalan proyek. Sebagai filmmaker, ada beberapa hal yang bisa dolakukan dirumah agar tetap produktif dan berdampak:

1. Belajar dan Berbagi

bench-blur-books-color-459791

Picture by Pixabay from Pexels

Saat – saat seperti ini merupakan waktu yang tepat buat kita, dimana kita dapat mengasah kemampuan kita lebih dalam lagi. Kamu bisa membaca buku tentang penyutradaraan, penulisan naskah, produser, sinematografi atau buku tentang filmmaking lainnya. Selain itu, Banyak filmmaker yang mengadakan worshop online menarik juga yang bisa diikuti dengan harga murah. Tapi disaat ini juga merupakan saat dimana kita juga bisa berbagi edukasi kepada filmmaker diluar sana.

2. Berkreasi

Photo by Luis Quintero from Pexels

Kalian juga bisa meluangkan waktumu untuk berkreasi. Pastikan setiap konten yang kalian buat mengandung value yang dapat menghibur, mengedukasi atau menginspirasi orang – orang diluar sana. Ini juga saatnya kamu belajar hal – hal dan tantangan baru dimana kamu hanya dapat merekam dirimu sendiri atau produksi dengan jumlah yang minim dengan latar, properti dan alat yang terbatas.

Photo by picjumbo.com from Pexels

Selain itu, kita juga dapat membersiapkan ide cerita untuk perencanaan filmmu selanjutnya. Menulis naskah dan mencari ide disaat kamu memandang sepinya suasana kota juga dapat menjadi moment yang pas untuk mendapatkan inspirasi.

3. Membersihkan Gear

Photo by Fujifilm North America from Pexels

Di waktu luangmu, kamu juga bisa membersihkan alat – alatmu yang mungkin sudah lama tidak kamu bersihkan karena kesibukanmu. Pastikan seluruh alatmu terbebas dari jamur dan tetap bersih agar ketika kamu mendapatkan proyek selanjutnya, kamu tidak direpotkan lagi untuk membersihkan alat – alatmu.

4. Mendukung Lingkungan Sekitarmu

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Di moment seperti ini, kita juga dapat menjadi dampak bagi sekitarmu. Kitatidak harus melakukan hal – hal besar, hal kecil seperti menelfon keluarga dan temanmu untuk memberi salam dan dukungan saja dapat membuat mereka lebih tenang.

Screenshot Donasi Sahabat Aprofi Untuk Pekerja Film di Kitabisa.com

Selain itu, kita juga bisa berdonasi di kitabisa.com untuk orang – orang yang melawan corona, terutama tenaga medis digaris terdepan yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyembuhkan pasien corona. Selain itu, Ada juga orang – orang seperti ojek online dan pekerja – pekerja yang tidak memungkinkan untuk bekerja dirumah karena harus mempersiapkan makanan atau kebutuhan lainnya bagi kita yang bisa kita bantu.

Semoga kamu dapat lebih produktif dan berdampak bagi lingkungan sekitarmu ya teman – teman! Tulis aktivitasmu dikolom bawah ya! Minggu depan kita akan bareng – bareng belajar tentang materi promosi untuk Festival Film Internasional ya. Terus berkreasi, berbagi dan belajar bersama! See you guys!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply