5 Aplikasi HP Yang Berguna Untuk Filmmaking

Aplikasi filmmaking di HP sudah banyak bermunculan, selain karena penggunaannya yang mobilitas dan cepat, aplikasi filmmaking di HP juga memiliki fitur – fitur yang berguna untuk proses pembuatan film. Ada 5 aplikasi yang berguna untuk kebutuhan filmmaking yang sering aku pakai:

1. Cadrage Director’s Viewfinder

Youtube Video Pada Episode Tips Membuat Storyboard Yang Membahas Aplikasi Cadrage

Cadrage Director’s Viewfinder membantu kita untuk mengambil gambar dilokasi secara langsung dengan data – data yang diperlukan untuk storyboard, shot manager maupun blocking.

Screenshot Fitur Rule of Third di Aplikasi Cadrage Director’s Viewfinder oleh Cadrage Director’s Viewfinder

Selain itu, Cadrage Director’s Viewfinder juga memiliki fitur – fitur menarik seperti pemilihan daftar kamera dan lensa yang akan digunakan untuk produksi nantinya, paduan framing, filter dan meta data pada hasil export pada gambar yang kita ambil. Fitur – fitur ini berguna bagi filmmaker yang ingin melakukan location scouting maupun recce.

2. Filmic Pro

Screenshot Aplikasi Filmic Pro by Filmic Pro

Aplikasi Filmic Pro berguna bagi filmmaker yang ingin mengambil gambar menggunakan HP. Filmic Pro memberikan fitur – fitur pengaturan perekaman yang mirip dengan kamera pada umumnya untuk kebutuhan filmmaking. Beberapa contoh fitur – fiturnya seperti pemilihan frame rate, framing, filter, pemilihan kualitas perekaman, penambahan LUTS dan fitur – fitur lainnya yang berguna untuk filmmaking dengan menggunakan HP.

Film Dibalik Kalbuku oleh Cinestars Film

Dibeberapa proyek film pendek Cinestars Film, kami pernah menggunakan aplikasi Filmic Pro dalam produksi film pendek untuk Festival Film Gadget yang mengharuskan peserta untuk merekam dengan HP. Fitur – fitur yang diberikan sangat membantu kami dalam melakukan pengambilan gambar sesuai dengan visi sutradara pada cerita film yang dibuat. Filmic Pro sangat berguna bagi low-budget filmmaker dan filmmaker pemula yang ingin melakukan produksi maupun merekam dengan menggunakan HP.

3. Voice Recorder Pro

Screenshot Aplikasi Voice Record Pro by Voice Record Pro

Voice Recorder Pro memiliki fitur – fitur yang berguna untuk kebutuhan sound recording. Kita dapat mengubbah kualitas suara, data, melakukan editing di aplikasi serta mengexport hasil suara dengan mudah.

HP dan Lavalier Microphone Untuk Recording

Voice Recorder Pro sangat berguna bagi filmmaker yang ingin merekam suara dengan HP, baik secara langsung maupun dengan menggunakan aksesoris tambahan seperti Rode Lavalier Microphone.

4. Magic Hour

Screenshot Aplikasi Magic Hour oleh Magic Hour

Selanjutnya, ada aplikasi yang sangat berguna bagi filmmaker yang ingin mengetahui arah cahaya dan moment golden hour sebelum produksi, yaitu Magic Hour.

Screenshot Aplikasi Magic Hour oleh Magic Hour

Aplikasi Magic Hour memberikan fitur – fitur tentang arah pencahayaan dan data – data pada setiap lokasi dan waktu tertentu dalam radius yang telah ditentukan pada versi gratisnya. Pada versi pro, aplikasi ini dapat membantu filmmaker untuk mengetahui arah pencahayaan di berbagai tempat tanpa harus berada di lokasi pada radius tertentu. Aplikasi Magic Hour sangat berguna untuk Director of Photography (DOP), Sutradara maupun tim produksi lainnya yang perlu memastikan pencahayaan pada set atau lokasi sebelum proses produksi.

5. Measure

Screenshot Gambaran Keseluruhan Aplikasi Measure oleh Apple

Aplikasi Measure membantu filmmaker untuk mengukur panjang, lebar dan tinggi benda ataupun lokasi. Fitur – fitur pada aplikasi Measure sangat berguna bagi tim produksi yang ingin mengetahui ukuran lokasi yang nyata pada saat recce atau location scouting.

Floorplan Dari Film Voice Potion for My Mother oleh Cinestars Film

Selain itu, aplikasi Measure juga dapat digunakan sebagai petunjuk dalam membuat storyboard atau floorplan yang nantinya dapat berguna bagi tim produksi maupun aktor untuk kebutuhan blocking.

Storyboard Dari Film Voice Potion for My Mother oleh Cinestars Film

Aplikasi ini juga dapat membantu kita ketika kita ingin mencocokkan ukuran lokasi asli dan membuat ulang di aplikasi storyboard 3D seperti Frame Forge Studio. Aplikasi ini cocok digunakan bagi seluruh filmmaker untuk berbagai kebutuhan.

Semoga informasi tentang 5 Aplikasi Yang Dapat Digunakan Untuk Kebutuhan Filmmaking ini dapat bermanfaat ya! Tulis aplikasi filmmaking lainnya yang kalian gunakan dikolom komentar yang ada dibawah ya!

Screenshot Website Sound Library by Incompetech

Dan minggu depan, kita akan bersama – sama belajar tentang tips yang dapat kita lakukan untuk mencari musik atau sound effects untuk kebutuhan filmmaking. Jadi terus stay tune dan jangan lupa subscribe ya! Terus berkreasi berbagi dan belajar bersama! See you guys!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
William Sanjaya

William Sanjaya

Freelance Filmmaker and Photographer based in Surabaya.

Leave a Reply